Berita Mancanegara : Kasus Infeksi Covid-19 di Malaysia Melonjak Usai Perayaan Idul Fitri

Seperti yang diketahui, belakangan ini ada banyak kasus melonjaknya Covid-19 di berbagai negara, termasuk Malaysia. Hal tersebut tentu membuat masyarakat setempat perlu waspada lebih lanjut agar mereka tidak tertular infeksi virus Corona. Berita mancanegara kali ini terjadi di Malaysia yang baru-baru ini mengalami kenaikan kasus infeksi virus tersebut usai perayaan hari raya. Kementerian Kesehatan Malaysia […]

Berita Mancanegara : Kasus Infeksi Covid-19 di Malaysia Melonjak Usai Perayaan Idul Fitri

Seperti yang diketahui, belakangan ini ada banyak kasus melonjaknya Covid-19 di berbagai negara, termasuk Malaysia. Hal tersebut tentu membuat masyarakat setempat perlu waspada lebih lanjut agar mereka tidak tertular infeksi virus Corona. Berita mancanegara kali ini terjadi di Malaysia yang baru-baru ini mengalami kenaikan kasus infeksi virus tersebut usai perayaan hari raya. Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan bahwa adanya perayaan yang dilakukan pada hari raya di negara tersebut sudah memicu 60 klaster Covid-19. Setidaknya terdapat infeksi sebanyak 3.511 kasus.

Seperti yang dilansir pada Channel News Asia, pada hari Sabtu (12/6) bertepatan dengan hari Gawai yang sedang dirayakan terkait Hari Raya Idul Fitri sudah mendeteksi adanya kenaikan jumlah kasus yang terinfeksi Covid-19. Diantaranya sudah dilakukan tes sebanyak 13.023 orang dan 27% diantaranya dinyatakan positif. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kementerian Kesehatan setempat.

Berita Mancanegara : Malaysia Kembali Mengalami Kenaikan Kasus Infeksi Covid-19

Berita Mancanegara : Kasus Infeksi Covid-19 di Malaysia Melonjak Usai Perayaan Idul Fitri

Dr. Noor Hisham mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan kasus infeksi Covid-19 setelah perayaan hari raya. Bahkan sudah terjadi kematian terkait perayaan tersebut. Hal ini tentu termasuk salah satu kasus yang tergolong mengkhawatirkan dan cukup serius padalnya sudah terjadi dalam waktu yang cukup singkat.

Tidak hanya itu saja, beliau juga mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab semuanya untuk melindungi mereka yang memang rentan terhadap penularan Covid-19. Salah satu diantaranya adalah orang tua yang berada di kampung halaman. Ia juga mengungkapkan bahwa sudah sepatutnya masyarakat Malaysia untuk mencontoh negara tetangga lainnya.

Dr Noor Hisham menganggap bahwa beberapa negara tetangga sudah berhasil mengendalikan situasi selama pandemi. Mereka juga sudah menunjukkan terhadap kepatuhan prosesud yang sudah ditetapkan oleh masing-masing pemerintahnya. Setidaknya, sampai Kamis (10/6), negara Malaysia telah terinfeksi Covid-19 dengan total sebanyak 639.562 kasus. Terlebih 79.848 kasus diantaranya belum mengalami penyembuhan yang signifikan.

Malaysia Putuskan untuk Memperpanjang Lockdown Nasional

Sejak Jumat (11/6), negara ini sudah mencapai setidaknya 646.411 kasus Covid-19. Hal ini berarti kasus orang yang terinfeksi virus tersebut masih terus meningkat hingga di atas 5.000 kasus setiap harinya. Dari situlah Menteri Senior Pertahanan Malaysia pun mengumumkan perpanjangan lockdown nasional. Lockdown tersebut akan diperpanjang 2 pekan sampai 28 Juni nanti.

Tidak hanya itu saja, Menteri Senior Pertahanan Malaysia juga menegaskan bahwa masih ada kegiatan yang dilarang dan diizinkan yakni daftar positif/negatif tetap berlaku. Terdapat pula prosedur operasi standar yang perlu ditepati saat melakukan kegiatan. Baik itu dalam bidang industri, bisnis, hingga manufaktur.

Saat ini sendiri kenaikan kasus Covid-19 yang ada di Negara Malaysia mencapai sekitar 6.871 kasus. Pada bulan Mei yang lalu bahkan tercatat sebagai bulan yang paling mematikan. Pasalnya, tercatat setidaknya terdapat sepertiga dari total 3.768 kasus yang sudah meninggal. Kasus tingginya kenaikan infeksi Covid-19 itulah yang menyebabkan pemerintah setempat memperpanjang lockdown secara nasional.

Menteri Kesehatan Malaysia bahkan sudah mencatat bahwa terdapat 6.489 jumlah kasus baru yang sudah terjadi pada hari Jumat (11/6). Terlebih tercatat juga ada ratusan kasus yang sampai saat ini masih dirawat pada ruang ICU, yakni sampai 912 kasus.

Diharapkan atas kenaikan kasus infeksi virus Corona ini dapat membuat masyarakat setempat tetap dapat mematuhi peraturan lockdown nasional yang sudah diperpanjang tersebut. Mengingat masih ada banyak kasus yang belum juga mengalami penurunan secara signifikan. Dengan begitu, berharap berita mancanegara yang terjadi ini segera mengalami penurunan kembali sehingga kehidupan normal dapat dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *