Isu Berita Nasional: Video Viral Penangkapan Kapal Hantu Diduga Membawa Muatan Ilegal

“Kapal Hantu” yang berada di perairan Selat Bangka Sumatera Selatan tiba-tiba melaju dengan kecepatan tinggi. Kapal tersebut bahkan sempat menghilang dan menembus hutan mangrove yang ada di tempat kejadian. Isu berita Nasional yang satu ini bahkan sudah sangat viral di media sosial masyarakat. Kapal yang diduga berasal dari Bangka Belitung tersebut tidak memiliki identitas sehingga […]

Isu Berita Nasional: Video Viral Penangkapan Kapal Hantu Diduga Membawa Muatan Ilegal

“Kapal Hantu” yang berada di perairan Selat Bangka Sumatera Selatan tiba-tiba melaju dengan kecepatan tinggi. Kapal tersebut bahkan sempat menghilang dan menembus hutan mangrove yang ada di tempat kejadian. Isu berita Nasional yang satu ini bahkan sudah sangat viral di media sosial masyarakat.

Kapal yang diduga berasal dari Bangka Belitung tersebut tidak memiliki identitas sehingga disebut juga dengan “Kapal Hantu”. Sebelumnya, helikopter polisi sudah melakukan pengejaran bahkan penembakan kapal tersebut di daerah perairan Bangka sampai masuk ke tengah-tengah hutan bakau. Tentu saja berita ini sangat menarik perhatian masyarakat karena sangat jarang terjadi.

Isu Berita Nasional: Pengejaran Kapal Hantu oleh Polda Setempat

Isu Berita Nasional: Video Viral Penangkapan Kapal Hantu Diduga Membawa Muatan Ilegal

Kapal tanpa identitas ini dikejar oleh helikopter polisi daerah setempat. Sampai akhirnya, Direktorat Polairud Polda Kep. Bangka Belitung mengamankan satu unit kapal tersebut. Dilansir dari Antara, Kapolda Kep. Bangka Belitung mengatakan bahwa kapal tersebut sudah diamankan pada hari Sabtu (5/6) pada pukul 10.00 WIB. Kapal tersebut mulai dilakukan pengejaran atas informasi yang diberikan oleh para nelayan pada pukul 06.30 WIB.

Para nelayan mengungkapkan bahwa kapal tersebut melintas di daerah perairan Mentok menggunakan kecepatan yang sangat tinggi. Aktivitas tersebut diduga bahwa kapal membawa muatan atau barang yang ilegal. Dari informasi yang diperoleh tersebut pada pukul 07.30 WIB polda setempat berkoordinasi dengan personil dan kru helikopter untuk melakukan penangkapan.

Kapal Hantu Diduga Membawa Muatan Ilegal dan Membuang Sesuatu Ke Laut

Kapolda setempat menegaskan bahwa saat helikopter melintasi perairan Pulau Nangka, tepatnya di daerah Sungai Selan Kab. Bangka Tengah sudah terdeteksi dan juga terpantau dengan jelas keberadaan kapal hantu tersebut. Seperti yang dilaporkan kapal tersebut dalam keadaan melaju berkecepatan tinggi. Pilot helikopter pun mengarahkan untuk mendekati kapal tersebut.

Ternyata seperti dugaannya, kapal tersebut ternyata benar diduga membawa muatan yang ilegal. Personil pun langsung memberikan himbauan kepada nahkoda agar kapal tersebut diberhentikan memakai pengeras suara. Akan tetapi, himbauan yang diberikan ternyata diabaikan begitu saja. Bahkan tetap melaju tanpa berhenti sama sekali.

Sampai akhirnya salah satu personil helikopter pun terpaksa memberikan tembakan peringatan ke arah haluan kapal. Akan tetapi, nahkoda tetap tidak mematuhi himbauan yang diberikan. Karena hal itu, lantas dilakukanlah penembakan pada bahan kapal. Ternyata, cara ini juga tetap tidak membuat kapal tersebut menjadi berhenti.

Tanpa diduga, salah satu awak kapal ternyata membuang sesuatu ke dalam laut dengan cepat. Setelah itu, tembakan pun kembali diluncurkan ke arah kapal. Akan tetapi, hal tersebut semakin membuat nahkoda kapal menjadi nekat dan melajukan kapalnya ke arah pantai perairan sampai menerobos hutan bakau yang cukup lebat.

Akibat lebatnya hutan bakau tersebut, kapal dapat berhenti dengan sendirinya karena menabrak kayu-kayu besar di sekitarnya. Akan tetapi, ABK kapal ternyata sudah berhasil melarikan diri jauh ke dalam hutan bakau dan tidak berhasil ditemukan oleh petugas. Akhirnya, petugas pun berhasil menggeledah kapal dan menemukan barang bukti kapal tersebut.

Tentu saja saat ingin melakukan evakuasi sangat sulit untuk dilakukan. Tidak lain karena lokasinya yang berlumpur serta harus menunggu air pasang tinggi agar barang bukti dari dalam hutan tersebut dapat dikeluarkan dengan mudah. Diduga kapal hantu tersebut membawa barang terlarang.

Menanggapi isu berita Nasional ini, Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa kasus ini dapat diusut secara tuntas. Agar nantinya dapat diketahui apa saja barang yang dibawa dalam kapal tersebut. Ia juga menegaskan bahwa nahkoda dan ABK kapal juga harus tertangkap agar dapat mengetahui apa saja sebenarnya barang yang sedang dibawa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *